Monday, January 14, 2008

satu dekade telah berlalu..

bulan 5 masi jauh bgt dari pelupuk mata..kita baru 14 hari melewati tahun 2008 ini..entah mengapa pikiran saya tiba2 memflash back tragedi mei 98 di jakarta..

mungkin ini karna tugas bahasa inggris saya yang disuruh mencerita tentang situasi kehidupan kita..

ntah mengapa juga..saya menceritakan bahwa saya adalah seorang IBC (Indonesian Born Chinese)

ntah mengapa saya menuliskan bahwa sampai skarang saya bingung, mengapa chinese indonesia tidak boleh menjaga nama leluhur mereka..padahal indian indonesia masi terus menjaga nama india mereka.. padahal kita sama2 imigran..

ntah mengapa saya menceritakan chinese indonesia seperti lupa dengan darah leluhur mereka,dan itu sangat berbeda dengan chinese malaysian dan chinese singaporean..

ntah mengapa, kuceritakan tragedi mei, yang menorehkan luka terdalam di hati kita..

ntah mengapa suara ini terdengar gemetar,dan setitik air mata turun perlahan ketika menceritakan cerita tersebut di depan guru dan teman2 saya..

tapi kuyakin Indonesiaku sudah berubah, kita belajar dari kesalahan terdahulu..dan skarang kita mulai terbuka dengan perbedaan2 itu..

Bhineka tunggal ika, saya harap itu tidak hanya berlaku bagi para bumiputera saja, tapi untuk seluruh rakyat indonesia yang masi memegang pasport hijau dengan cap burung garuda di depannya..

sembuhkan lah luka ini Indonesiaku.. basuhlah dengan kasih sayang..usaplah hati ini dengan air mata tawa.. dan tentu saja eratkan lah hati ini dengan persahabatan..

3 comments:

sendi aditya putra said...

Mantap... Gw sih rasis..tapi ok lah ya hihihi..

Seep jess.. ga penting emang warna kulit.. tapi kyaanya bentuk mata penting deh ahahahah..

FJ.Lestariana said...

huhuhuhu...Tega loe.. mentang2 mata gw sipit kaya burung pipit..

sendi aditya putra said...

Une Remarque ma soeur...
Un windu égale à 8 ans non??

Si je me trompe pas... de 98 à 2008 ça fait 10 ans...

Alors que c'est pas un "windu"..
c'est plutot une décade....